Kondisi Kesehatan Perempuan Indonesia Rendah

ilustrasi - wordoc.blogspot.com
Jakarta - UNICEF (The United Nations Children's Fund) merilis data menyangkut indikator-indikator kesejahteraan perempuan, utamanya soal kesehatan. Kondisi kesehatan perempuan di Indomesia dinilai masih sangat rendah.

Contoh persalinan yang didampingi tenaga kesehatan profesional, dokter, perawat atau bidan hanya 72 persen. Rasio angka kematian ibu mencapai 310 untuk setiap 100.000 kelahiran hidup.

Atas fenomena itu, Ketua Umum Fatayat Nahdlatul Ulama (NU), Ida Fauziah mengatakan, melihat kualitas hidup perempuan yang masih rendah menunjukkan program pengarusutamaan gender (PUG) di Indonesia belum maksimal. "Dalam penilaiaan PUG di 144 negara, Indonesia hanya peringkat 80," kata Ketua Komisi VIII DPR itu.

Untuk itu, Fatayat NU mengharapkan PUG ini dimasukkan ke dalam program-program kementerian terkait agar pembangunan kualitas hidup perempuan juga meningkat yang dibarengi program yang tepat sasaran ke perempuan.

Ilustrasi - Kesehatan Wanita
Fatayat NU memberi apresiasi kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar yang telah memasukkan PUG dalam Kementerian yang dipimpinnya. "Semoga langkah ini bisa diikuti oleh kementrian lainnya," tandas politisi PKB itu.

Pada Harlah ke-62 ini, Fatayat NU memberikan penghargaan kepada para pejuang wanita yang memberi kontribusi kepada masyarakat luas, yaitu kepada Sri Mar'atul Qibtiah, Zulfiah TH Mansyur, Mama Aleta Baun dan Lily Pujiati.

Sumber: http://nasional.inilah.com/ read/detail/1865692/read/detail//read/detail//read/detail//read/detail//read/detail//read/detail//read/detail//read/detail//read/detail//read/detail//

1 comments:

  1. kesempatan pertama ngeliat web ini, keren dah...
    salam buat semua semoga selalu sehat dan fit

    ReplyDelete

Tidak lengkap rasanya Jika berkunjung tanpa meninggalkan Komentar disini: