Baru 1.800 Bidan Bekerja di Papua

ilustrasi - wordoc.blogspot.com
TIMIKA - Jumlah bidan yang ada di Provinsi Papua mencapai sekitar 1.800 orang. Informasi tersebut disampaikan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Papua, Anik S Alui ketika ditemui Radar Timika (JPNN Group) di Graha Eme Neme Yauware.

“Dengan pengembangan pembagian wilayah jumlah bidan yang ada di Papua mencapai 1.800. Sementara Papua Barat kurang lebih sekitar 600an,” ujar Anik seperti yang dilansir Radar Timika, Senin (22/10).

Dijelaskannya, dari jumlah bidan yang ada di Provinsi Papua tersebut, yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) baru sekitar 5 persen.

Sedangkan jumlah tenaga bidan yang ada di Indonesia mencapai 250.000 lebih. Informasi tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI), DR.Harni Koesmo.

Dikatakannya, ke-250.000 bidan tersebut tersebar di rumah sakit dan puskesmas di seluruh wilayah Indonesia. Dari jumlah tersebut yang menjadi anggota IBI dan memiliki kartu anggota sekitar 135.536 orang bidan.

Dijelaskannya, IBI adaah satu-satunya organisasi profesi bidan Indonesia. Dalam keanggotaannya, IBI tidak memaksa bidan untuk menjadi anggota. Namun bidan dihimbau untuk menjadi anggota IBI.

Dikatakannya, ketika anggota IBI mengalami masalah maka IBI akan membantu untuk mencarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi anggota IBI. Namun kata dia, jika bidan yang tidak menjadi anggota IBI mengalami masalah maka pengurus IBI tidak bisa membantu mencarikan solusi. (nan)

Sumber:http://www.jpnn.com/read/2012/10/22/144246/Baru-1.800-Bidan-Bekerja-di-Papua-

0 comments:

Post a Comment

Tidak lengkap rasanya Jika berkunjung tanpa meninggalkan Komentar disini: