Contoh Metode Penelitian di Kebidanan

Berikut ini adalah Contoh Metode Penelitian di Kebidanan yang bisa anda jadikan acuan dalam menyusun KTI Kebidanan.

Penelitian deskritif adalah penelitian yang bertujuan untuk melakukan memberikan gambaran fenomena yang ditemukan, baik yang berupa faktor resiko maupun efek atau hasil. Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang tujuan, pendekatan, subyek, sampel, sumber data sudah mantap dan rinci sejak awal, segala sesuatu direncanakan sampai matang ketika persiapan disusun.

Metode penelitian dengan desain penelitian analitik yaitu penelitian yang hasilnya sudah tidak hanya berhenti pada taraf menguraikan atau pendiskripsian, akan tetapi berlanjut sampai pada taraf pengambilan kesimpulan yang berlaku secara umum serta menerangkan hubungan sebab akibat dan biasanya sudah ada hipotesisnya (Mochammad Arif Tq., 2003).

Retrospektif menunjukan bahwa penelitian bersifat backward looking atau melihat ke belakang (Machfoedz, 2005), atau juga dapat diartikan bahwa penelitian ini menggali dan menjelaskan data-data pada masa lampau (Arief, 2003)

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang tujuan, pendekatan, subyek, sampel, sumber data sudah mantap dan rinci sejak awal, segala sesuatu direncanakan sampai matang ketika persiapan disusun

Pendekatan cross sectional yaitu tiap subyek hanya di observasi satu kali saja dan pengukuran variabel subyek dilakukan pada saat pemeriksaan tersebut (Suharsimi, 2002).
Pendekatan cross sectional yaitu tiap subyek hanya di observasi satu kali saja dan pengukuran variabel subyek dilakukan pada saat pemeriksaan tersebut (Arikunto, 2002)

Proses penelitian dengan menggunakan metode observasional dengan pendekatan prospektif. maksudnya adalah peneliti melakukan pengamatan dari sample penelitian dan mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara terhadap sample dalam waktu tiga bulan ke depan.

0 comments:

Post a Comment

Tidak lengkap rasanya Jika berkunjung tanpa meninggalkan Komentar disini: