Puskesmas 24 Jam di Perkotaan

ilustrasi - wordoc.blogspot.com
Puskesmas 24 Jam kini telah dibuka di beberapa daerah pinggiran Kota Tepian. Hingga kini sudah ada tiga Puskesmas, yakni Puskesmas Palaran, Puskesmas Sungai Siring dan Trauma Center di Loa Janan Ilir.
Tujuan awal dibentuknya Puskesmas 24 Jam adalah untuk menyangga pelayanan kesehatan awal guna mengurangi intensitas rujukan ke rumah sakit. Prinsipnya adalah jika masih bisa ditangani di Puskesmas, maka tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit.
Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Samarinda, drg Nina Endang Rahayu kemarin.
"Untuk sementara kita buka Puskesmas 24 Jam ini di pinggiran kota dulu, yang jauh dari jangkauan rumah sakit. Namun tidak menutup kemungkinan, ke depannya akan kita buka di tengah kota, tapi jika yang di pinggiran sudah terkover semua," terangnya.
Menurutnya, alasan penempatan prioritas untuk wilayah pinggiran karena walaupun biaya pengobatan dan perawatan ditanggung oleh pemerintah, namun bila kasus kesehatan mengharuskan pasien dirawat, akan lebih memudahkan keluarga pasien menjenguk.
Penanganan kesehatan yang penuh bisa dilakukan di Puskesmas 24 Jam karena sudah dilengkapi oleh dokter, perawat, bidan dan apotek.
"Sepertinya tidak efisien kalau kita mendahulukan di perkotaan untuk Puskesmas 24 Jam ini, karena jarak ke rumah sakit dekat, hanya perlu waktu lima menit sudah sampai rumah sakit. Jadi untuk efisiensi, sekarang masih kita tempatkan di Puskesmas yang jauh dulu," lanjutnya.

Sumber: http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/ Rubrik/18/36519