Pengertian dan Macam-macam Letak Sungsang

Letak Sungsang ialah keadaan dimana janin terletak memanjang dengan kepala di fundus uteri dan bokong berada di bawah cavum uteri


Letak bokong murni
Merupakan presentasi bokong murni atau frank breech bokong saja yang menjadi bagian depan sedangkan kedua tungkai lurus keatas.

Letak bokong kaki atau presentasi bokong kaki
Disamping bokong teraba kaki dalam bahasa inggris disebut complete breech atau letak bokong kaki sempurna atau tidak sempurna kalau disamping bokong teraba kedua kaki atau satu kaki saja

Letak kaki dan letak lutut
Keduanya dalam bahasa Inggris disebut incomplete breech, tergantung pada terabanya kedua kaki atau lutut atau hanya teraba satu kaki atau lutut disebut kaki atau lutut sempurna dan letak kaki atau lutut tidak sempurna. Dari letak-letak ini letak bokong murni paling sering dijumpai. Punggung biasanya teraba dikiri depan. Frekuensi letak sungsang lebih tinggi pada kehamilan muda dibandingkan dengan kehamilan aterm dan lebih banyak pada multigravida daripada primigravida.
Letak janin dalam uterus bergantung pada proses adaptasi janin terhadap ruangan dalam uterus. Pada kehamilan kurang lebih 32 minggu, jumlah air ketuban relatif lebih banyak, sehingga memungkinkan janin bergerak dengan leluasa.
Dengan demikian janin dapat menempatkan diri dalam presentasi kepala, letak sungsang atau letak lintang.
Pada kehamilan triwulan terakhir janin tumbuh dengan cepat dan jumlah air ketuban relatif berkurang karena bokong dengan kedua tungkai yang terlipat lebih besar dari pada kepala, maka bokong dipaksa untuk menempati ruang yang lebih luas disegmen bawah uterus. Dengan demikia dapat dimengerti mengapa pada kehamilan belum cukup bulan janin sebagian besar ditemukan dalam presentasi kepala.

Factor-faktor lain yang memegang peranan dalam terjadinya letak sungsang diantaranya ialah :
  1. Prematuritas, karena bentuk rahim relatif kurang lonjong, air ketuban masih banyak dan kepala anak belum relatif besar.
  2. Hydramnion, karena anak mudah bergerak.
  3. Plasenta previa, karena menghalangi turunya kepala kedalam pintu atas panggul.Bentuk rahim yang abnormal seperti uterus bicornis.
  4. Panggul sempit, walaupun panggul sempit sebagai sebab letak sungsang masih disangsikan oleh berbagai penulis.
  5. Kelainan bentuk kepala : Hydrocephalus, Anencephalus, karena kepala kurang sesuai dengan bentuk PAP.
  6. Hamil kembar.
  7. Kelainan uterus : myoma uteri, uterus bicornis.
Sarwono Prawirohardjo, Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Penerbit JNPKKR POGI, Jakarta, 2001.

0 comments:

Post a Comment

Tidak lengkap rasanya Jika berkunjung tanpa meninggalkan Komentar disini: